TELVIS NIGHT CLASS – introducing BLOG

telkomvision night class

Yang gak dateng nyesel! ” kira-kira itu kalimat yang bisa menggambarkan workshop tentang pengenalan BLOG semalam. Blogging its fun, nice and easy.. Mau tau ceritanya ? …… berikut summary yang bisa saya jelaskan.

Blog itu apa?

Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua penggunaInternet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. – wikipedia

Dengan kata lain yang lebih simple, blog itu sama dengan menulis.. Yup! menulis, karena blog menurut saya merupakan tempat yang bebas. Bebas untuk berekspresi, bebas untuk menuangkan semua ide, bebas untuk mengatakan apa saja, karena blog bisa menjadi positif jika isinya tulisan-tulisan yang postif atau sebaliknya blog bisa menjadi media yang negatif jika isinya adalah hal-hal tentang keburukan. Butuh sample?? klo temen-temen yang ikutan acara semalem pasti inget, ada satu blog yang isinya konten negatif .. yaa kira-kira seperti itu lah blog yang isinya negatif jika melihatnya sebagai hal yang negatif..

Blog sendiri terbagi menjadi dua tipe, yaitu mikro blogging dan satu lagi web blogging. Contoh web blogging, ya seperti blog yang sedang kamu baca sekarang ini, kontennya banyak tertuju pada topik-topik tertentu yang penulisnya suka.

Teruus mikro blogging itu apa?? gampangnya saya sebut mikro blogin itu = twitter, facebook atau pada jaman dahulu kala friendster.. kalau kata wikipedia

Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut. Pesan-pesan ini dapat dikirim melalui berbagai cara yaitu melalui SMS (Short Message Service), pesan instansurat elektronikdigital audio atau web. Yang membedakan mikroblog dengan blog lainnya adalah mikroblog memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran blog sebenarnya. Akan tetapi tujuannya tetap sama yaitu pengguna menulis topik tertentu. Pengguna mikroblog juga dapat memberikan komentar kepada teks pembaharuan yang dibuat oleh pengguna lain dan begitu juga sebaliknya. Layanan ini dapat diunduh secara gratis. Tidak ada kriteria-kriteria khusus untuk menggunakan layanan ini, semua orang di seluruh dunia dapat melakukan aktivitas menulis teks pembaharuan singkat dengan fasilitas yang diberikan oleh mikroblog. Mikroblog telah mengalami perkembangan dan menyediakan banyak fasilitas yang bisa pengguna manfaatkan. Layanan ini memiliki banyak macam berikut kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pilihan bagi pengguna. – wikipedia

Yaa! mikro blogging itu gak lebih dari 200 karakter.. kenapa twitter membatasi hanyak 140 karakter? karena twitter konsisten dengan tema yang di usung “mikro blogging” terus kenapa facebook bisa lebih dari 200 karakter? nanti sesi berikutnya akan saya jelaskan kenapa demikian dan manfaatnya apa..  :)

Weblog atau Blog sendiri terbagi menjadi dua tipe, personal blog dan corporate blog. Personal blog ya seperti yang kamu liat sekarang di blog saya, ciri-cirinya biasanya menggunakan nama pribadi atu kata yang mengisyaratkan sesuatu seperti just another notes, catatan si kumbang, atau lain-lainnya. Konten personal blog biasanya berupa kejadian-kejadian yang sudah terjadi atau sekadar sharing pengetahuan/ide dari sang penulis.

Terus apa itu corporate blog?? Blog korporate adalah blog yang ditulis, dipublikasikan dan didukung oleh perusahaan atau organisasi untuk tujuan perusahaan. Misalnya, dari sisi komunikasi “caring” pelanggan, blog korporat akan menjebatani kebutuhan informasi antara pelanggan dengan sebuah perusahaan.

Dari pemaparan diatas kamu tau apa itu blog,  terus pertanyaan selanjutnya kenapa saya harus ngeblog?? kalau kata orang dulu, tak kenal maka tak sayang.. gitu juga dengan nge-BLOG kalau kamu gak tau keuntungannya pasti males, tapi kalau udah tau pasti akan terus ngelakuinnya. Baiklah sekarang saya coba jelaskan keuntungannya.

Personal Blog

  1. Mengasah kreatifitas otak kanan, Tidak ada orang yang tidak bisa menulis, right?? terus apa hubungannya menulis dengan otak kanan?? pada saat kita menulis kreatifitas akan memicu otak kanan bekerja lebih dengan susunan kalimat yang dipilih, tutur kata dan gambar-gambar disebuah postingan blog.
  2. Bebas berekspresi, Dalam sebuah blog, kita bebas mengutarakan apa saja, semuanya bebas tergantung tingkat kesadaran si penulis. Mau di ngebahas politik, mau ngebahas curhatan, mau menuangkan ide atau gagasan. Its FREE!
  3. Tukar pikiran dan informasi
  4. Membangun Citra diri di Internet, ada quotes yang menarik “kalau mau sukses itu harus eksis, narsis” masih inget video Sinta-Jojo keong racun? atau seorang polisi yang narsis di depan kamera nyanyi lagu india?? right! mereka sukses karena narsis dan eksis. Gitu juga dengan ngeblog, blog bisa menjadikan kita sukses lho! gak percaya? contohnya : kalau saya seorang profesional IT maka saya butuh portfolio hasil pekerjaan saya di internet, ketika orang HRD atau client mencari nama saya di internet muncul hasil-hasil pekerjaan yang sudah saya lakukan atau sekedar ide-ide serta pengalaman yang pernah saya perbuat. easy right? point Plus kalau kamu eksis di internet….
  5. Sumber Rezeki, hmm.. ini yang seru! blog bisa juga jadi sumber rejeki, inget lho sumber rejeki! gimana caranya?? simple nya gini, misalnya saya punya dagangan namanya “sari rempah” dahulu kala jualan hanya dari mulut ke mulut atau menggunakan smartphone (bb), setelah saya mengetahui apa itu blog maka saya buatlah blog yang isinya terkait produk sari rempah  dengan melakukan optimasi pada mesin pencari menggunakan kata-kata kunci sari rempah sari rempah jakarta, atau sari rempah murah  maka ketika orang mencari kata sari rempah atau sari rempah murah melalui internet maka blog saya yang akan muncul dihalaman utama.. singkatnya begitu…

kira-kira itu lima point yang menjadi keuntungan dari personal blog.

Corporate Blog

  1. Komunikasi dengan pelanggan, sebuah perusahaan seperti google pun memiliki blog (http://googleblog.blogspot.com/) fungsinya apa? Yaa untuk berkomunikasi secara online dengan pelanggan-pelanggannya, atau berbagi informasi terbaru mengenai layanan yang disediakan google.
  2. Menarik perhatian pelanggan.
  3. Meningkatkan penjualan.
  4. Brand Imaging, point ini bisa untuk hal yang positif bisa juga menjadi hal negatif. Coba dibayangkan apabila sebuah perusahaan dengan total karyawan 300 orang, setengahnya saja memiliki blog yang isinya positif branding untuk perusahaan? you right! hasilnya wonderfull… brand perusahaan di dunia maya bisa menjadi positif atau paling tidak blog-blog tersebut bisa meng-counter informasi negatif yang betebaran di dunia maya…

Gak ada orang yang tidak bisa menulis, right?? terus kenapa kamu gak coba menulis lewat blog kalau tulisan kamu bisa bermanfaat untuk diri sendiri, apa lagi bisa bermanfaat untuk orang lain, right?

langsung ke http://www.wordpress.com / blogger.com cuma butuh tiga langkah mudah yaitu, register, namakan blog, dan rubah template
😉

Action! ini blog gue, mana blog loe?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s