Optimasi Website di mesin pencari

Sebuah website akan dikatakan “sampah” jika sulit untuk diketahui keberadaannya di internet, right? Mesin pencari seperti google, yahoo, bing tempat kita mencari sesuatu di dunia maya, right?

Dengan pernyataan-pernyataan diatas, dapat kita simpulkan jika sebuah website yang content nya tidak dapat dicari melalui mesin pencari di internet sama dengan sampah internet, right??

Sekarang bagaimana caranya supaya website kita dapat mudah terdeteksi oleh mesin pencari…. ?? Solusinya adalah mberkenalan dan bersahabat dengan search engine……

Sebuah perusahaan terkemuka sekalipun, belum tentu sadar pentingnya hal ini… kebanyakan websitewebsite korporasi hanya berfokus kepada tampilan, isi, dan seberapa cepat di akses.. tapi mereka lupa untuk bersahabat dengan mesin pencari (search engine).

Oke, kita analogikan begini.. Ada sebuah website perusahaan.. bagus, server hosting terbaik di kelasnya dan menelan waktu pengerjaan lama serta energi yg tidak sedikit untuk membangun website tersebut, dilihat dari segi design bagus bahkan bisa dikatakan wonderfull, tapi ketika orang mencari dari search engine tentang sebuah produk dari perusahaan tersebut yang sebenarnya ada di website itu hasilnya…  tidak satu-pun di lima halaman utama search engine menampilkan website tersebut. Mengecewakan right?

Kalau hal tersebut terjadi pada website anda. teruskan membaca postingan saya ini.. klo tidak jangan dilanjutkan!

Hal yg perlu diperhatikan secara teknis agar website kita mudah dikenali oleh search engine adalah sebagai berikut :

  1. Semua link di dalam website harus bisa dikenali oleh mesin pencari, atau dalam bahasa teknisnya Search Engine Friendly (SEF). Bagaimana link yang dapat dikategorikan SEF?
    Contoh : http://namadomain/index.php?kodeartikel=123&judul=optimasiwebsite untuk dapat lebih dikenali oleh mesin pencari sebaiknya menggunakan pemanggilan url yg lebih baik seperti : http://namadomain/123/optimasi-website/
  2. Setiap website harus memiliki sitemap, apa itu sitemap? wikipedia :

    Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya.[1]. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah.[2].

    Dengam memiliki sitemap, mesin pencari akan mudah melihat keseluruhan konten website yang kita miliki.. satu jalan untuk bersahabat dengan search engine terbuka, right?🙂.

  3. Selanjutnya, density atau kepadatan sebuah keyword dalam satu halaman. Keyword density bisa diterjemahkan sebagai kerapatan keyword. Atau perbandingan jumlah kata antara keyword dan bukan keyword. Angka minimal 6%, artinya, jika postingan kita sebanyak 500 kata, maka sebaiknya kita mengulang keyword sebanyak 30 kali. Dalam mengulang keyword yang kita gunakan, sebarlah secara rata. Search engine akan menyukai jika kita menempatkannya di dalam judul dan kalimat pertama.
  4. Backlink, apa itu backlink? Backlink adalah cara menautkan link dari satu web/blog ke web/blog lainnya. Link ini dapat memberikan efek bagi web/blog yang dikaitkan dan akan memberikan posisi di search engine. Dengan kata lain, backlink adalah tautan link yang dapat meningkatkan posisi hasil pencarian di Google. Misalnya, saya mempunyai 5 buah blog yang terdiri dari tvberbayar.com, tvhiburan.com, tvkeluarga.com, tvparabola.com dan tvprabayar.com kemudian saya menautkan satu link blog tvberbayar.com ke blog tvhiburan.com, tvkeluarga.com, tvparabola.com dan tvprabayar.com. Maka nanti saya akan memperoleh 4 backlink. kira-kira begitu penjelasannya… Salah satu trik untuk mendapatkan backlink banyak adalah menggunakan social network dan juga forum diskusi atau bisa juga tukeran link untuk sesama bloger.
  5. Jangan lupakan format penulisan, ini memang rada malas untuk mempraktekannya tapi “konon” katanya setiap format penekanan dalam penulisan blog juga dapat mempengaruhi seberapa akurat search engine dapat melihat konten website kita. Format penulisan bisa gunakan BOLD,HEADING, ITALIC, dll.
  6. Yang terakhir masukan url website kamu ke beberapa search engine. Kalau di google ada tools namanya google webmaster tools. disitu tempat cocok untuk optimasi.
Enam point diatas menurut saya pribadi adalah teknik dasar dalam optmasi website, selain teknik-teknik tersebut ada pula konsep dan metode yang harus dijalankan dalam melakukan optimasi website.
Kalau kata buku Andrew B. King tentang Optimasi Web bisa kamu di download disini
Sebuah website harus dibuat secara benar dari awal. Kalau tidak, maka belakangan nanti, situs kita akan sulit ‘dicerna’ sama search engine.
Optimasi web sendiri menurut saya pribadi merupakan sebuah teknik menggabungkan disiplin ilmu pemasaran dan ilmu pembangunan website untuk mencapai keunggulan kompetitif yang diperlukan di dunia maya, atau bahasa simplenya adalah bagaimana caranya ketika seseorang mencari konten dengan kata kunci tertentu maka hasilnya adalah website yang kita bangun. Contoh : saya mencari dengan keyword “tv hiburan” di google yang muncul di list teratas adalah website http://tvhiburan.com
atau contoh lain, saya mencari dengan keyword “tv berlangganan terbaik” yang muncul di list halaman pertama adalah konten-konten dari website yang telah dilakukan optimasi.
Kira-kira begitu lah … sedikit pembahasan tentang optmiasi website pada search engine…. biar saya juga gak lupa sama ilmu ini🙂
Dan sebenarnya masih banyak teknik-teknik lain dan metode optimasi diluarsana, yang saya coba tuliskan disini hanya sebagian kecil dari optimasi website itu sendiri.
 Semoga bermanfaat🙂

9 thoughts on “Optimasi Website di mesin pencari

  1. Ping-balik: TELVIS NIGHT CLASS – introducing BLOG « Just Another Notes

  2. Pretty great post. I just stumbled upon your blog and wanted to mention that I have really loved surfing around your blog
    posts. In any case I’ll be subscribing on your feed and I’m
    hoping you write again very soon!

  3. Ping-balik: TELVIS NIGHT CLASS – introducing BLOG | Chandra Wiraatmaja

  4. Ping-balik: TELVIS NIGHT CLASS – introducing BLOG | Just Another Notes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s