Membangun Aplikasi Android dengan Titanium Developer #1

Berawal dari pencarian di gugel tentang framework pembuatan aplikasi mobile, dalam pemikiran saya bagaimana caranya membuat satu coding untuk berbagai tipe operasi sistem smartphone (bb, android, iphone) tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman yang baru lagi.. Ternyata itu sudah di kerjakan oleh orang-orang dibelahan dunia sana. Singkat kata bertemulah saya dengan beberapa framework Open Source yaitu Rhomobile, PhoneGap, Appcelerator, dan App Inventor.

Kali ini fokus saya tertuju pada Appcelerator dengan Titanium Framework nya ….

Titanium adalah sebuah framework cross-platform, dengan artian pada framework ini pengembangan aplikasi menjadi mudah karena satu kode dapat digunakan untuk melintasi beberapa platform yang ada yaitu Iphone, Ipad dan Android serta aplikasi desktop sekalipun. Bahasa yang digunakan pun sangat mudah, kamu cuma butuh “sedikit” mengerti tentang javascript. Yup! untuk membangun mobile aplikasi kamu cuma butuh Javascript.. nice bukan?

 

I. INSTALASI

Oke, how to install ?? seperti biasa, download file installer nya disini. Setelah download, lakukan instalasi seperti biasanya next..next.. sampai selesai, pada proses ini kita akan melakukannya secara online (sangat disarankan menggunakan koneksi tercepat yang kamu miliki). Setelah install, hal selanjutnya adalah mendownload SDK android dan simpan didalam drive komputer langkah-langkah nya sama seperti bahasan saya yang sebelumnya.

Titanium Developer Apps

( tampilan aplikasi Titanium Developer)

Ok, tahap ini proses instalasi dinyatakan selesai. Tahap selanjutnya adalah konfigurasi Android SDK dengan Framework Titanium. Simple kok create new project dulu nanti akan muncul dialogbox meminta path Android SDK, kemudian tinggal diarahkan ke tempat Android SDK berada.

 

II. Struktur Asset File

Sekarang kita mengintip struktur dari framework Titanium Mobile ini. Menurut saya ada dua folder inti di dalam titanium mobile ini yang pertama folder build berisi seluruh resource java yang dibutuhkan android SDK untuk membangun aplikasi, yang ke dua adalah Resources tempat semua framework titanium berada. Oh ya.. kelupaan tiapp.xml ini juga penting, seperti manifest untuk sistem compiler yang nantinya akan merubah javascript menjadi class-class java.

Folder Titanium Mobile Dev

Gambar struktur file Titanium Mobile

Bersambung ….

One thought on “Membangun Aplikasi Android dengan Titanium Developer #1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s