Excel to Mysql with PHP

Pada pembuatan website yang berbasis finance atau aplikasi website yang membutuhkan load data yang cukup besar. Pasti anda membutuhkan tools untuk dapat membantu dalam manipulasi data tersebut.

Salah satunya dengan meng-Import data excel ke dalam perangkat basis data, dalam pembahasan ini kita akan menggunakan mysql sebagai penampungan datanya, Berikut beberapa hal yang harus di persiapkan :

  1. Kita harus punya library nya. namanya oleread.inc bisa di download di sini.
  2. Abis itu kita jg perlu download classnya reader.php bisa di download di sini.
  3. Setelah semuanya lengkap. sekarang kita coba buat sample script nya ..
  4. Untuk lebih jelasnya download source code berikut : sample.php

    tetapi maaf saya tidak menjelaskan secara detil source coding tersebut..
    SELAMAT MENCOBA……πŸ™‚

10 thoughts on “Excel to Mysql with PHP

  1. @sulhan
    bisa aja… ini script standart php… gak ngaruh mau make triad.. phptriad itu kan cuma installasi php&mysql yang bersamaan…πŸ™‚

  2. permisi nie..
    scriptnya dah aku pake dan berhasil n sukses abies..
    tapi masih ada kelemahan nya nie yaitu pada format tanggal di excel
    ternyata doi berubah jadi format General di Excel.
    misal ada kolom tanggal dengan format date >> 4-Jun-07
    pas di pindahin ke mysql dengan script2 tadi formatnya ternyata berubah jadi General di excel nya >> 29237
    jadi yang tersimpan pada database 29237 bukan tanggal 4-Jun-07.
    apa anda taU,gimana cara format date bisa tersimpan dalam MySQL ?
    thanks b4 ^^

    ~ nama_ku_dee ~

  3. kok keluar kayak gini ??? mohon bimbingannya
    Warning: main(Excel/reader.php) [function.main]: failed to open stream: No such file or directory in E:\serverdinkes\sik\Excel\tes.php on line 4

    Fatal error: main() [function.require]: Failed opening required ‘Excel/reader.php’ (include_path=’.;C:\Program Files\xampp\php\pear\’) in E:\serverdinkes\sik\Excel\tes.php on line 4

  4. @uky2k
    itu salah include file reader.php cb cek deh path nya…πŸ˜€

    @dee
    emmm gue blm nyoba tuh mslh itu.. mungkin mesti rubah script dikit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s