PHP TO EXCEL

hi all, mo share nih sedikit pengetahuan yang ai miliki.. mungkin ini udah gak asing lagi.. tapi kalo dibandingin dengan trik yang lain ato bahkan ada class dari phpclasses yg harus menyimpan file excel tersebut ke dalam webserver..

Trik ini lebih simple dan sangat membatu.
gue coba menjelaskannya yah…..

Biasanya pada setiap aplikasi transaksi berbasis web ataupun tidak, pasti aplikasi tersebut harus memiliki fungsi report (laporan) untuk setiap transaksinya. Pada beberapa perusahaan / aplikasi tertentu hasil report harus bisa ditampilkan secara EXCEL.

Kenapa harus ditampilkan secara excel? (itu mah tergantung selera, tapi biasanya supaya bisa di dokumentasikan oleh bagian yg membutuhkan data tersebut)

Sebenernya yg kita butuhkan cm sedikit trik pemrograman. yang pernah gue coba ya PHP. Analoginya begini :

Setiap report yang ingin di tampilkan di dalam website biasanya berbentuk php / html dengan coding tertentu hingga dapat menghasilkan suatu tampilan yang dikehendaki.

nah dari file php tersebut kita akan men-jenerik-kan menjadi file PHP lain yang nantinya akan menjadi Excel (moga-moga gak bingung yah..)

to the point deh :

buat file misal (view_report.php) sudah terkoneksi ke database:

  • file view_report.php (dengan segala kodingnya agar tampilan report tsb berhasil di tayangkan, saya gak perlu menjelaskan isi codingnya kan…)
  • kemudian buatlah file .php (misal : report_excel.php) dengan menggunakan coding dan query data yang sama pada file view_report.php (cara ini ditempuh agar data yang ditampilkan web dengan data yang akan dijadikan EXCEL itu sama persis..)
  • setelah itu.. coding data & tampilan selesai, di page paling atas sebelum tag HTML / PHP dimulai masukan 3 baris script berikut :

  • <?
    header ("Content-Type: application/vnd.ms-excel");
    header ("Expires: 0");
    header ("Cache-Control : must-revalidate, post-check=0, pre-check=0");
    ?>

setelah script diatas di taro di awal file, langkah selanjutnya adalah me-Link kan dari file view_report.php ke file report_excel.php
contoh : < a href="report_excel.php" target="_blank">

tahap terakhir silahkan mencoba…… dan pastikan komputer lo udah ke Install Ms.Office

10 thoughts on “PHP TO EXCEL

  1. Thx, 3 kalimat / baris coding diatas.

    untuk menentukan posisi, lebar kolom pada excell gimana.
    Karena waktu pake tidak merubah lebar kolom, dan juga untuk posisi teks diluar kolom, untuk diletakkan posisi di tengah gimana?

  2. untuk menentukan posisi, lebar kolom pada excell gimana.
    Karena waktu pake \ tidak merubah lebar kolom, dan juga untuk posisi teks diluar kolom, untuk diletakkan posisi di tengah gimana?

  3. untuk menentukan posisi, lebar kolom pada excell gimana.
    Karena waktu pake “td width=xxx” tidak merubah lebar kolom, dan juga untuk posisi teks diluar kolom, untuk diletakkan posisi di tengah gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s